Pengantar Mata Kuliah Pemrograman Perangkat Bergerak

Mata kuliah pemrograman perangkat bergerak atau lebih sering disebut pemrograman mobile ini didoseni oleh Bapak Fajar Baskoro, yang pada semester 6 mendoseni mata kuliah Manajemen Basis Data (MBD). Di tengah suasana kelas yang cukup ramai pada saat Pak Fajar bercerita sedikit tentang mata kuliah ini, Pak Fajar sempat menyindir beberapa mahasiswa yang duduk dibelakang karena terus-menerus mengobrol. Karena sindiran nya itu, suasana kelas pun menjadi lebih tenang.

Pak Fajar mengawali perkuliahan dengan menanyakan, “saya ingin tahu, berapa orang yang belum pernah mencoba membuat program mobile? kenapa? Anda mengikuti mata kuliah ini pasti karena ada ketertarikan kan, tapi kenapa belum pernah mencoba?”. Dalam hati saya menjawab, “iya saya memang tertarik dengan mata kuliah ini, tapi saya tertarik pun baru saat FRS-an kemarin :v ”. Karena saya duduk di depan, saya tidak melihat keseluruhan kelas, namun beberapa teman yang duduk didekat saya pun ada mengacungkan tangannya. Pak Fajar tidak ingin memberikan nilai kepada mahasiswa dari hasil akhir saja, tetapi proses lah yang lebih menentukan. Jika seorang mahasiswa baru bisa membuat “hello world” kemudian setelah mengikuti kuliah ini jadi bisa membuat suatu sistem informasi, itu akan lebih bagus dibandingkan mahasiswa yang sudah bisa membuat suatu sistem informasi tetapi hanya mendapatkan sedikit perubahan, contohnya.

Sifat-sifat dari perangkat bergerak, diantanya :
- Mudah dibawa, bisa digunakan dimaan saja
- Ekonomis power
- Bisa dikomputasikan / programmable
- Sebagai layanan informasi
- Memiliki koneksi / network

Biasanya perangkat bergerak dibedakan berdasarkan ukuran (layar, kapasitas, processor) dan platformnya (android, iOS, BB, windows, symbian). Contoh-contoh dari perangkat bergerak, yaitu : hp, tablet, laptop, smartwatch, smart-smart lainnya, dan sebagainya.

Sudah banyak cara mudah untuk membuat suatu program android, salah satunya adalah dengan menggunakan microsoft power point. Selain itu ada juga program-program yang bisa membuat suatu program android dengan instan. Sudah banyak pula tutorial-tutorial yang mengajarkan pemrograman android mulai dari yang sederhana sampai yang tingkat expert.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar