Tugas 1 RK : Elisitasi Kebutuhan


Elisitasi Kebutuhan adalah tahapan kedua dari Rekayasa Kebutuhan setelah tahapan pertama yaitu Domain Understanding. Aktivitas yang dilakukan pada tahapan elisitasi kebutuhan ini adalah mengumpulkan semua kebutuhan suatu sistem dengan cara berkomunikasi dengan semua stakeholder (seperti customer, user, developer, regulator, dan pihak lainnya) dari sistem tersebut. Pada tahapan elisitasi kebutuhan tidak usah memikirkan kebutuhan yang spesifik tetapi semua kebutuhan harus didapatkan sebanyak dan serinci mungkin.

Terdapat beberapa teknik elisitasi kebutuhan, diantaranya :
  • Interview (wawancara),
  • Kuisioner,
  • Observasi,
  • Analisis prosedur / dokumen,
  • Dan lain-lain.
Setiap teknik elisitasi kebutuhan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Teknik-teknik ini dapat dipilih sesuai keadaan dan situasi yang tepat pada saat pelaksanaan di lapangan. Teknik-teknik ini pun bisa dikolaborasikan agar hasil dan list kebutuhan dapat terkumpul lebih maksimal. Untuk kali ini, saya mendapatkan tugas untuk melakukan elisitasi kebutuhan pada "peminjaman fasilitas olahraga ITS (FASOR)" dengan teknik observasi.
Tugas ini saya upload ke google drive dan ini linknya :

https://docs.google.com/document/d/1T-L746z4DWPWPzfD0bt0Z1GrQYlNxSyEalrwDCnVZ8A/edit

Setelahlist kebutuhan terkumpul, tugas selanjutnya adalah membuat skenario. Skenario ini bukanlah deskripsi spesifikasi teknis dari suatu produk perangkat lunak, tetepi skenario ini adalah suatu cerita atau narasi yang mudah diakses untuk membuat produk perangkat lunak menjadi lebih hidup dan mudah dipahami.Tugas ini juga saya upload ke google drive dan ini linknya :
https://docs.google.com/document/d/12VHq0SXH56oM6yMRBvD600citjBfNJIqfuusYR7x8lA/edit#heading=h.gjdgxs
Previous
Next Post »